Dasar Bermain Saham - CerdasManfaat.com : Kumpulan Tulisan Cerdas Dan Manfaat

Breaking

Home Top Ad

Friday, 30 November 2007

Dasar Bermain Saham

Bermain saham.. wehehehe kedengerannya kayaknya keren juga ya :D
Bermain saham itu maksudnya melakukan jual beli / transaksi di bursa saham :)

Saat ini yang saya tahu, di Indonesia itu baru ada 2 bursa saham, yaitu Bursa Saham Jakarta/Jakarta Stock Exchange (JSX) dan Bursa Saham Surabaya/Surabaya Stock Exchange (SSX).

Untuk bisa bermain saham, kita harus mengetahui terlebih dahulu aturan mainnya.

gambar saham
pic source : pixabay.com

Berikut aturan main yang harus diketahui, yaitu :
  • Dalam dunia persahaman, transaksi dilakukan per-lot, dimana 1 lot=500 lembar saham.
  • Bursa saham beroperasi melayani transaksi saham, dari jam 09.00 - 16.00 wib
  • Untuk bisa bermain saham, tidak bisa kita sendiri secara perorangan yang melakukan jual beli di pasar saham/bursa saham, namun ada perantara, yang disebut dengan broker / securitas.
  • Untuk bisa gabung di salah satu broker / sekuritas, ada deposit yang harus disediakan, dan besarnya deposit dari masing-masing sekuritas berbeda, ada yang 100 jt, 50 jt, ada yg 25 jt, bahkan ada yg 10 jt, dst. bisa memang karena peraturan deposit di mereka seperti itu, atau karena ada program kerjasama lain.
  • Sebelum melakukan transaksi jual atau transaksi beli, agar tidak rugi, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana performansi dari perusahaan tersebut, sehingga kita setidaknya ada gambaran, apakah dengan membeli saham perusahaan tsb akan membuat kita untung? atau justru rugi? --> fundamental analysis
  • Kalau mau bermain aman, beli saja saham-sama IPO, karena biasanya saham IPO akan naik, karena banyaknya permintaan, untuk kemudian akan bersaing sebagaimana mestinya... bisa terus naik, bisa tetep di angka itu, atau bisa turun (kecenderungannya biasanya setelah IPO, harga naik, trus turun hehehe, tapi tergantung perusahaannya juga)
  • Sering-sering ikuti berita saham, agar informasi tentang persahaman bisa update (kalo berita sahamnya di koran cetak, kemungkinan dah telat update, sebisa mungkin cari yg updatenya cepet... seperti internet hehehe)
  • Usahakan bisa membaca diagram transaksi saham. ada banyak jenisnya.. ada head to shoulder.. ya pokoknya namanya ada yg gitu-gitu deh.. hehehe --> technical analysis
  • Oh iya... saham ada banyak kelompoknya.. seperti : sektor usaha, keuangan, infrastruktur, agribisnis, pertambangan, consumer, dsb
  • Apalagi yaaa?

Kalo ada yang kurang.. bantuin tambahin yaaa.
Sharing yuk :)

Salam,
Zakia - CerdasManfaat.com



No comments:

Post a Comment