Mengunjungi Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik - CerdasManfaat.com : Kumpulan Tulisan Cerdas Dan Manfaat

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 17 July 2019

Mengunjungi Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik

Masjid adalah tempat ibadah umat islam. Selain sebagai sarana tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai pemersatu umat, pusat pemberdayaan dan peradaban umat.

Pada masa Rasulullah, masjid juga dipakai untuk membicarakan masalah-masalah umat bersama para sahabat.

Beberapa waktu yang lalu, kami mampir di sebuah masjid di daerah Gresik, Jawa Timur. 
Kesan pertama yang saya dapat dari melihat masjid ini adalah bersih, megah, luas! 
Selain itu, beberapa bagian pada masjid bentuknya mengingatkan saya pada masjid Nabawi yang ada di kota Madinah, Saudi Arabia.

Tampak depan masjid KH Ahmad Dahlan Gresik, dilihat dari tempat parkir | foto : dok.pribadi
Pemandangan sisi kiri masjid, diambil dari tempat parkir depan | foto : dok.pribadi


MASJID KH AHMAD DAHLAN

Nama masjid ini : KH Ahmad Dahlan, lengkapnya. Masjid ini berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sebelah barat terminal Bunter Gresik. Berlokasi di tempat yang sangat strategis, tempat lewatan jalur antar kota Gresik-Lamongan, memudahkan musafir seperti kami yang kemarin sedang dalam perjalanan, bisa singgah sebentar untuk menunaikan ibadah sholat dan beristirahat sejenak.

Suasana nyaman, lapang dan megah langsung terasa sejak memasuki tempat parkir yang luas. Angin sepoi-sepoi dan waktu sore saat itu, sangat nyaman untuk berjalan-jalan menikmati suasana masjid.


TEMPAT WUDHU

Tempat wudhu perempuan, dilihat dari teras dalam masjid | foto : dok.pribadi

Tempat wudhu terpisah antara laki-laki dan perempuan. Dilihat dari depan, tempat wudhu perempuan ada di sisi kiri masjid, tempat wudhu laki-laki ada di sisi kanan masjid. Terdapat tanda gambar putih dengan warna latar belakang hijau sebagai petunjuk. Dengan melihat gambar ini, pikiran langsung teringat dengan masjid-masjid di Saudi Arabia bukan?

Kami langsung menuju tempat wudhu. Dari teras dalam masjid, ada semacam lorong yang menghubungkan tempat wudhu tersebut dengan masjid. 

View lokasi wudhu perempuan dilihat dari teras dalam masjid. Ada petunjuk arah toilet dan arah tempat wudhu.
Iya, toilet dan tempat wudhu terpisah | foto : dok.pribadi

Zoom dari papan petunjuk arah toilet dan arah tempat wudhu | foto : dok.pribadi

Tempat wudhu memiliki dudukan seperti di Masjidil Haram, juga Masjid Nabawi | foto : dok.pribadi
Saat mengambil wudhu, masyaallah, lihat tempat wudhunya tetiba teringat dengan tempat wudhu di Masjidil Haram, juga Masjid Nabawi. Tempat wudhu yang nyaman, baik untuk yang sedang sakit atau pun lansia. Enak wudhunya, marem gitu, apalagi saat mencuci kaki, jadi tidak sibuk "menyeimbangkan diri" dengan berdiri kaki satu karena kaki yang satunya sedang dibasuh/berwudhu :)

Setelah wudhu, kami masuk ke dalam masjid. Setelah lorong yang menghubungkan tempat wudhu dengan masjid, di tengah ini ada semacam kolam air kecil yang cantik. Sayang kemarin tidak sempat mengabadikannya karena view yang didapat kurang bagus, karena banyak orang terutama anak-anak yang sedang bermain di sekitar kolam (menutupi kolam jadinya hehehe).

Kolam di dalam area masjid yang menghubungkan lorong tempat wudhu ke dalam ruang utama masjid |  foto : scontent.cdninstagram.com



TEMPAT SHOLAT

Memasuki ruang dalam masjid, lantai pertama digunakan untuk sholat laki-laki, sedangkan untuk perempuan ada di lantai 2. Namun ada sedikit tempat/ruang kecil di pojok sisi kiri (dekat tempat wudhu wanita), ada tempat sholat untuk wanita khusus lansia dan juga difabel.
Tangga untuk ke lantai 2 | foto : dok.pribadi
Teras lantai 2 | foto : dok.pribadi
Dari tempat sholat perempuan di lantai 2, bisa melihat langsung posisi imam di lantai 1 | foto : dok.pribadi
Tempat sholat perempuan di lantai 2 | foto : dok.pribadi

Lampu gantung besar dan cantik ada di tengah-tengah masjid | foto: dok.pribadi
Setelah melaksanakan sholat, rasanya betah berlama-lama di sini. Suasananya itu memang maremin, apalagi dengan adanya AC yang ada di kiri dan kanan gedung, membuat kota Gresik yang panas tak lagi terasa.

Kekhusyukan ibadah, termasuk sholat, memang tergantung pada iman dan ketaqwaan orang tersebut. Namun suasana yang mendukung kekhusyukan dalam beribadah, turut membantu :)

Coba deh mampir dan sholat di masjid ini, insyaallah paham apa yang kami rasakan. Alhamdulillah. Barakallah untuk keluarga almarhum H. Bisri Ilyas (pengusaha property ternama di Kota Gresik)  yang telah membangun masjid cantik ini. Untuk pengelolaannya, pihak keluarga almarhum H.Bisri Ilyas telah menyerahkannya kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik. (sumber : pwmu.co)


POHON KURMA DI HALAMAN

Pohon kurma di halaman masjid | foto : dok.pribadi
Nuansa Masjid Nabawi makin terasa dengan adanya pohon-pohon kurma yang ditanam di sekitar masjid.

Pemandangan masjid dari udara via drone | foto : @kholiq.na
foto : gomuslim.co.id
Masjid ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 13 April 2018, diawali untuk penggunaan sholat jum'at. Untuk peresmiannya sendiri baru dilakukan tanggal 29 April 2018 dengan dihadiri Ustadz Bachtiar Nashir. (sumber : pwmu.co)

Masyaallah, senang sekali rasanya bisa berkunjung ke masjid ini dan sholat di sini. Suasananya tenang, bersih, maremin. Insyaallah semoga diberikan kesempatan mengunjungi masjid ini kembali. Aamiiin :)

Salam,
Zakia - CerdasManfaat.com



6 comments:

  1. wahhh deesain masjidnya keren banget. Suasananya juga tenang dan rapiii

    ReplyDelete
  2. Salah satu cara agar ibadah bisa khusuk adalah memilih tempat yg nyaman, Mesjid Kh. Ahmad Dahlan kayaknya cocok untuk tempat sholat agar lebih khusuk ;)

    Nanya? Apakah Masjid ini pengelolanya Muhammadiah sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. Untuk pengelolaannya, pihak keluarga almarhum H.Bisri Ilyas telah menyerahkannya kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik. (sumber : pwmu.co)

      Delete
  3. kalau lihat arsitektur bangunan paling suka termasuk mesjid

    ReplyDelete