Ngeblog / Blogging Itu Ngapain? - CerdasManfaat.com : Kumpulan Tulisan Cerdas Dan Manfaat

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 19 May 2020

Ngeblog / Blogging Itu Ngapain?

"Kamu kerjanya apa sih? Sepertinya sering di rumah" tanya seorang teman.
"Saya blogger". 
"Blogger itu apa?" tanyanya lagi.

Tak sedikit percakapan, yang berujung pertanyaan seperti ini. 
Ada yang senasib?

Blogger adalah sebutan dari orang yang melakukan aktivitas blogging / ngeblog. 
Blogging itu ngapain? Nah loh :D

Yuk kita bahas sejenak :)

Pict : pixabay.com


Ngeblog itu apa sih? Ngapain aja?

Ngeblog itu menulis di internet, memakai platform blog.

Menulis di internet itu sangat luas, ada banyak jenisnya. 
Makanya spesifik, kegiatan ngeblog adalah kegiatan menulis yang dilakukan di platform blog :)

Platform blog itu ada banyak, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Platform ini hanyalah alat/media untuk wadah menulis.
Sedangkan kegiatan menulis di blog, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, dengan tema sesuai keinginan, minat, ketertarikan kita atas sesuatu. 

Yang suka menulis cerita/cerpen, bisa. 
Yang suka menulis resep masakan, bisa. 
Yang suka menulis cerita liburan, bisa. 
Yang suka menulis pembelajarannya tentang teknologi, bisa. 
Yang suka menulis pengalaman hidup, bisa, dll. 
Intinya, ngeblog itu bisa menulis apa saja.

Sekedar menulis, memang semua orang bisa melakukannya.
Namun menulis secara kontinyu, secara istiqomah, belum tentu semua orang bisa melakukannya. Hanya orang-orang yang memiliki minat, memiliki tujuanlah yang akan sanggup menulis terus menerus, karena ia memiliki semangatnya. Semangat melahirkan kekuatan, kemampuan :)


Sharing is caring.

Dengan tujuan yang jelas, insyaallah kegiatan ngeblog akan menjadi sesuatu yang tidak hanya menyenangkan bagi kita yang menulis, namun menjadi manfaat, baik bagi kita, juga bagi orang lain yang mendapat manfaat, terbantu dari tulisan kita.

Maka dari itu, memang dalam melakukan blogging/ngeblog, kita bisa menulis apa saja. Iya benar, apa saja.
Namun jika kita menulis sesuatu yang bermanfaat, bagi siapa pun yang membacanya, akan menjadi nilai tambah tersendiri, yang bukan hanya mendatangkan kepuasan dan kebahagiaan bagi kita, namun mendatangkan kebaikan-kebaikan yang tidak kita bayangkan.

Materi? itu hanya salah satunya :)



Menulis di mana?

Platform blog ini bermacam-macam. Contohnya : Blogspot, Wordpress, Kompasiana, dan masih banyak lainnya. 

Sebagian besar platform ini gratis. Namun mereka juga menawarkan jasa berbayar untuk layanan yang lebih strategis, seperti layanan domain sendiri, hosting tersendiri, dll, biasanya untuk tujuan profesional.

Berikut beberapa platform yang mudah digunakan untuk pemula, tanpa perlu kemampuan IT/programming dan tentunya GRATIS :

1. Wordpress.com : user friendly, seo friendly, smooth theme, responsive.
Wordpress sangat banyak penggunanya. Hal ini tak lepas dari mudahnya / user friendly menggunakan platform ini. Yang perlu dilakukan hanya mendaftar, memilih desain/tema blog yang sudah disediakan. Blog sudah bisa digunakan, langsung bisa dipakai menulis :)

Keunggulan wordpress lainnya adalah kemudahannya ditemukan oleh mesin pencari / SEO friendly. 
Selain itu, tema-tema blog yang menarik, kegiatan mempercantik desain blog menjadi sangat menyenangkan.
Halaman blog responsive, menyesuaikan dengan media yang digunakan, apakah PC, Android, Iphone, maupun gadget lain.


2. Blogspot.com : user friendly, easy to custom.
Blogspot sebenarnya tidak begitu berbeda dengan wordpress, namun dari sisi kemudahan penggunaannya, wordpress sedikit di atasnya.
Memang di blogspot juga disediakan pilihan tema desain blog. Namun, kita bisa melakukan perubahan/customize pada tema desain yang ada.

Inilah keunggulan yang dimiliki blogspot, yang tidak dimiliki platform lain, yaitu kemudahan menambahkan sesuatu di blog, di luar desain yang disediakan. Tentu ini sangat menyenangkan bagi mereka yang memiliki kemampuan IT/programming. Minimal html dan css. Peluang bereksplorasi dengan desain blog sangat terbuka.


3. Kompasiana.com : user friendly, community.
Kompasiana, selain mudah digunakan, juga seolah kita sudah memiliki komunitas / orang-orang yang siap membaca tulisan kita :D Asik ya! Memang, kompasiana merupakan komunitas menulis yang disediakan oleh Kompas. Namun di sini, kita hanya bisa menulis, sedangkan desain blog, dll, sudah mengikuti desain/theme yang diset oleh Kompasiana. Di sini, tulisan adalah hal yang utama. 



Siapa yang membaca tulisan kita?

Dengan menulis di blog, maka tulisan kita akan bisa dibaca oleh siapa saja. Meskipun bisa saja kita menguncinya / men-setting hanya kita saja yang bisa membacanya. Namun jika tulisan diset hanya untuk dibaca diri sendiri, manfaatnya akan kurang optimal ya. Boleh-boleh saja sih.

Namun jika tulisan kita dibaca banyak orang dan manfaatnya dirasakan banyak orang, tentu kita juga lebih bahagia ya, dan insyaallah dapat pahala kebaikan juiga :D

Namun memang di dunia internet ini, informasi sangat banyak berseliweran, Tulisan yang kita tulis di blog tidak serta merta akan dibaca oleh orang lain, kecuali tulisan kita ditemukan oleh mereka, baik melalui mesin pencari seperti Google, atau dari share yang kita lakukan di sosial media. Intinya, mengundang orang untuk datang ke blog kita, perlu dilakukan agar orang lain bisa membaca tulisan kita. Trafik. 

Ke depan, trafik ini sangat sangat bermanfaat jika ingin mengembangkan blog kita lebih jauh lagi. Tentu saja, konsistensi dan bagaimana kita menikmati proses menulis tersebut sangat diperlukan :)

Pict : michellerafter.com



Sementara perkenalan dengan dunia ngeblog / blogging segini dulu ya.
Semoga bisa memberi pencerahan bagi yang masih bingung dengan kegiatan ngeblog, kegiatan seorang blogger.
Untuk pengembangannya, insyaallah akan dibahas di tulisan lain mendatang.

Bagaimana? Ngeblog asik kan? 
Yuk ngeblog juga, bisa jadi healing / penyaluran emosi jiwa hehehe, bisa jadi peninggalan kita juga bagi anak-cucu kelak :)

Dari yang dibahas di atas, ada yang mau ditambahin? Boleh tulis di kolom komentar di bawah ini ya ^^

Salam,
Zakia Wishbeukhti





8 comments:

  1. Wah saya jd paham apa itu blogging stelah baca ini, mksh atas infonya

    ReplyDelete
  2. Ngeblog asik emang, fungsinya banyak. Buat full freelance kaya saya blog bisa jadi alat mengedukasi calon klien, bisa buat menjaring klien baru, buat show off skill biar trust dengan jasa saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, ngeblog banyak manfaatnya ya ^^

      Delete
  3. Replies
    1. sama2 bun, terima kasih sudah mampir ^^

      Delete
  4. Salam kenal Mbak Zakia :)

    Memang bener, ngeblog bisa jadi salah satu media untuk healing, melepas stress, yang bisa jadi tulisan kita berupa curhatan pribadi, hehe tapi ngga masalah kan ya?
    Saya menemukan kenikmatan ngeblog ketika bisa menulis kemudian berbagi tulisan itu untuk dibaca banyak orang, yang kemudian mendapatkan support juga dari orang" yg membaca, kadang ketika membaca tulisan lama pun jadi membuka memori saya akan kenangan" yang hampir terlupakan.
    Blog membantu saya menyimpan kenangan di masa lampau, dan juga menemukan banyak kenalan baru, serta nggak lupa menemukan banyak inspirasi dari tulisan blogger yang lain.

    Terima kasih sekali lagi sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. bisa jadi pengunjung blog kita tercerahkan dari pengalaman yang kita tuliskan di blog ya. saling memberi manfaat, blogger & pengunjungnya :)
      senangnya, manfaat ngeblog banyak yaa.
      sama2, terima kasih sudah berbagi dan mampir ^^

      Delete