Yakin Tubuh Kita Sudah Cukup Air? Yuk Cek! - CerdasManfaat.com : Kumpulan Tulisan Cerdas Dan Manfaat

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 16 July 2020

Yakin Tubuh Kita Sudah Cukup Air? Yuk Cek!

Beberapa hari ini, rasanya seperti lebih cepat haus dibanding biasanya. Jadi lebih sering minum. Tapi mengapa rasanya masih haus juga ya? Padahal bisa dibilang baru saja selesai minum.

Ada yang pernah mengalami ini?


Ternyata, haus adalah salah satu alarm alami tubuh, untuk memberi tahu kita bahwa tubuh kita kekurangan air/dehidrasi.

Yeey! Kalo itu mah anak kecil juga tau, bayi juga tahu. Ah, syukurlah kalo begitu 😁

Iya juga sih, tapi... coba cek, berapa sering kita mengabaikan haus yang datang?
Dicuekin, tidak memberi tubuh sendiri apa yang dibutuhkan.

Haus? ya minum lah.
Iya benar. Tapi sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat haus bukan semata air sembarang air. Tapi air putih.

Akan beda efeknya jika saat tubuh haus, kita sembarangan memberi tubuh kita dengan asal air/minuman.

Minum 10 gelas kopi, tak akan menggantikan 10 gelas air putih yang masuk ke tubuh kita.

Lalu, bagaimana dong?
Sebaiknya, pisahkan saja jumlah minuman air putih yang kita konsumsi, dengan jumlah minuman selain air putih.


Rata-rata kebutuhan air putih tubuh adalah 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter.
Namun, untuk lebih jelasnya, tergantung pada berat badan orang itu sendiri. Pada orang yang bertubuh kurus vs gemuk, kebutuhan cairannya berbeda. "Cara menghitung kebutuhan air adalah 30 ml per kilogram berat badan. Jika berat badan 90 kg, maka kebutuhan cairan sekitar 2700 ml" kata Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Fiastuti Witjaksono pada acara jumpa pers Indonesian Hydration and Health Conference (IH2C) di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Sedangkan pada ibu hamil, kebutuhan cairannya juga berbeda. Bisa jadi karena pada ibu hamil, terdapat 2 orang ya, si ibu dan bayinya 😊
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Shanty Olivia F Jasirwan mengatakan, kebutuhan air bagi ibu hamil bertambah 300 ml, sedangkan pada ibu menyusui kebutuhannya lebih banyak lagi, yaitu bertambah 500-600 ml dari kebutuhan orang normal. 

By the way, tahu gak sih, ternyata kita setiap hari mengeluarkan cairan sekitar 1300-3500 cc. Saat kita bernapas, cairan yang keluar sekitar 250-350 cc. Sedangkan saat kita buang air kecil cairan yang keluar dari tubuh sekitar 500-1000 cc, buang air besar sekitar 100-200 cc! Coba kalikan berapa kali kita buang air kecil/besar dalam sehari, wah.. banyak juga yang keluar yaa... pantesan kebutuhan tubuh kita akan cairan penting banget!

Kenapa penting? Memangnya kalau cairan tubuh kita berkurang, apa yang terjadi???

Berikut 10 akibat yang terjadi pada tubuh kita, jika kekurangan cairan :
  1. Bau mulut
  2. Ingin makan manis
  3. Kulit kering
  4. Kurang konsentrasi
  5. Kelelahan
  6. Mudah tersinggung
  7. Menggigil
  8. Kram otot
  9. Sakit kepala
  10. Konstipasi

Waah, serem juga yaa... hiiiii.
Yuk, kita kupas satu per satu!

1. Bau mulut 
Ketika tubuh kita dehidrasi, produksi air liur akan menurun. Padahal, air liur memiliki sifat antibakteri yang penting bagi kesehatan mulut. Kurangnya air liur di mulut memungkinkan bakteri untuk berkembang, sehingga bisa mengakibatkan munculnya bau mulut.

2. Ingin makan manis 
Biasanya keinginan makan makanan manis terjadi setelah berolahraga, karena tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dan menggunakan glikogen dalam tubuh sebagai energi. Dengan begitu, tubuh akan kembali membutuhkan karbohidrat yang kemudian diubah menjadi glikogen. 

3. Kulit kering 
Banyaknya cairan tubuh yang keluar, apalagi saat kita berolahraga, atau mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, membuat tubuh lebih rentan kekurangan cairan. Kekurangan cairan ini membuat kulit menjadi kering. Kulit yang kering tentu saja membuat kulit tidak sehat, selain itu juga kulit menjadi tidak mulus dan kenyal. Jika kondisi ini dibiarkan, kulit bisa mengalami kerusakan, kusam atau bahkan keriput. 

4. Kurang konsentrasi
Sebagaimana kita tahu, bahwa otak manusia sebagian besar terdiri dari unsur cairan. Juga darah kita berupa cairan. Kekurangan cairan/dehidrasi, bisa mengakibatkan tidak lancarnya peredaran darah ke otak, yang mengakibatkan otak menjadi susah berkonsentrasi. Pada hal-hal tertentu, kondisi ini bisa membahayakan nyawa, misalnya saat seseorang yang dehidrasi sedang mengemudi, hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan. Jangan ya!

5. Kelelahan 
Dehidrasi bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, denyut jantung meningkat, dan memperlambat aliran darah ke otak. Kurang air juga membuat otot melemah sehingga saat melakukan aktivitas akan terasa melelahkan. 

6. Mudah tersinggung 
Kurang cairan juga membuat suasana hati tidak baik, lebih mudah tersinggung, sulit fokus, dan sakit kepala dibanding yang cukup minum air putih. 

7. Menggigil 
Saat kurang minum, pada titik tertentu tubuh akan mengigil. Jika sudah dehidrasi parah, pengaturan suhu tubuh menjadi makin sulit. Tubuh akan merasa kedinginan lebih cepat, bahkan saat berada di lingkungan yang tidak dingin. Hal ini terjadi karena tubuh mulai membatasi aliran darah ke kulit ketika dehidrasi.

8. Kram otot 
Kram otot bisa terjadi, karena kurang lancarnya sirkulasi darah akibat kekurangan minum air, sehingga otot terasa kaku. 

9. Sakit kepala 
Kekurangan air bisa menurunkan tingkat serotonin tubuh sehingga menyebabkan sakit kepala. 

10. Konstipasi 
Air dibutuhkan untuk melancarkan pergerakan di usus. Jika kurang air, tubuh akan menarik cairan dari tinja sehingga menjadi sulit dikeluarkan yang membuat terjadinya konstipasi/susah buang air besar.


Serem ya. Yakin gak ada yang mau ngalamin hal-hal macam itu ya. Maka dari itu, yuk jaga kecukupan cairan tubuh kita dengan minum air putih sesuai kebutuhan kita.


Ada beberapa tips dalam upaya mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan air putih nih. Berikut tips dari ustad Zaidul Akbar :

Minum air segelas air putih 1 (air biasa, ph netral/alkali, bukan air dingin maupun panas), pada waktu-waktu berikut ini :
- setelah bangun tidur
- 30 menit sebelum sarapan
- 1 jam setelah sarapan
- 30 menit sebelum makan siang
- 1 jam setelah makan siang
- selama waktu break kegiatan
- 30 menit sebelum tidur
- beberapa saat sebelum tidur.

Itu minimalnya ya. Lebih dari itu boleh juga 😊
Untuk teman-teman yang muslim, mau lebih simpel lagi? Minum air putih 1 gelas saat mau shalat wajib ♥️

Waaah, insyaallah mudah yaaa? 🥰
Apa yang akan terjadi di tubuh kita ya? Pernah membayangkan ketika di toilet kita menekan tombol flush (penyiram closet)? Kurang lebih seperti itulah, ketika air sudah cukup dibadan kita, ia akan mem-“flush” sampah-sampah metabolisme di badan kita.

Oiya, ini tidak berlaku bagi yg ada masalah di ginjal yang ada pembatasan cairan ya, ini untuk orang normal saja.

Semoga kita semua bisa menjalankan hidup sehat, cukup minum/cairan dan semoga apa yang disampaikan di postingan ini bisa menjadi manfaat ya, terutama bagi saya dan keluarga ^^

Selamat mencoba 💪
Salam,
Zakia wishbeukhti
Referensi :
- https://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/17/121500123/Berapa.Banyak.Kita.Harus.Minum.Air.per.Hari
- https://lifestyle.kompas.com/read/2016/01/18/183500423/10.Masalah.jika.Tubuh.Kurang.Cairan
- https://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/16/190900823/Mengapa.Kurang.Minum.Bikin.Otak.Lemot
- https://instagram.com/zaidulakbar



2 comments:

  1. Wah saya baru tau ternyata kurang cairan bukan aja berefek secara fisik, bisa kena efek emosional gampang tersinggung... saya sejauh ini cukupkan konsumsi air sekitar 2L setial hari mbak...

    Wah ternyata banyak juga ya yg dikeluarkan dari tubuh

    ReplyDelete
  2. Setelah baca artikel ini, saya langsung buru-buru minum. Takut kurang cairan haha. Terima kasih remindernya.

    ReplyDelete